• DSC_0641 (2)
  • DSC_0189
  • DSC_0198
  • DSC_0210
  • DSC_0621
  • DSC_1051
  • DSC_0990
  • wowslider.com
  • DSC_1030
http://wowslider.net/ by WOWSlider.com v8.7

Home » Artikel » WISUDA XXIV Diploma III Akademi Teknik Soroako

WISUDA XXIV Diploma III Akademi Teknik Soroako

Selasa, 3 Oktober 2017 Akademi Teknik Soroako kembali mengadakan acara Wisuda ke XXIV di gedung Onte Luwu Sorowako. Wisuda ini dihadiri olehBupati Luwu Timur Bapak Ir. H. Muhammad Thoriq Husler, Koordinator Kopertis IX Wilayah Sulawesi, Prof. DR. Ir. Hj. Andi Niartiningsih. MP. , Manajemen PT. Vale sekaligus Dewan Pembina  Yayasan Pendidikan Sorowako Bapak Bernadus Irmanto, juga di hadiri para tamu undangan yang merupakan relasi dan pelanggan ATS, juga Dewan Pembina dan Pengurus YPS. Wisuda ini juga di hadiri para orang tua/ wali dari para wisudawan.

Pada tahun Akademik 2016/2017 ATS berhasil meluluskan 83 orang wisudawan, dengan 14 orang dengan predikat Cum Laude dan 69 oran dengan predikat sangant memuaskan.

Pada kesempatan ini juga Direktur Akademi Teknik Soroako, Bapak Jasman, S.S.T., M.M. menyampaikan sambutan,

Berikut Sambutan dari Direktur ATS pada Wisuda ke- 24 tahun 2017 :

Bismillaahir rahmaani  rrahiim….

YTH., Bupati Luwu Timur, Bapak Ir. H. Muhammad Thoriq Husler.

YTH., Koordinator Kopertis IX Wilayah Sulawesi, Ibu Prof. DR. Ir. Hj. Andi Niartiningsih MP.

YTH., manajemen PT Vale Indonesia, Tbk. dan Sekaligus Ketua Dewan Pembina YPS, Bapak Bernardus Irmanto.

YTH., Bapak dan Ibu Ketua dan Anggota Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus YPS.

Yang Kami Hormati, Sekretaris dan Anggota Senat Akademik – Akademi Teknik Soroako.

Yang Kami Hormati, Pengurus Ikatan Alumni dan seluruh alumni ATS dan ISTC Soroako.

Yang Kami Hormati dan banggakan segenap Dosen, Instruktur, dan seluruh pegawai ATS.

Para Orang Tua, Wisudawan dan wisudawati yang berbahagia, serta hadirin  dan undangan yang kami hormati.

Assalaamu’alaikum Warahmarullaahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua,

Alhamdulillah, Pada awal sambutan ini, saya mengajak kita semua untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan kasih-sayangNya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul pada Rapat Senat Terbuka di Gedung Ontaeluwu, Sorowako – Luwu Timur, dalam rangka wisuda ke-24 Akademi Teknik Soroako tahun akademik 2016/2017.

Ibu Koordinator Kopertis IX, Dewan Pembina, Pengawas, dan Pengurus YPS,  serta Senat Akademik – Akademi Teknik Soroako.

Pada hari ini, Selasa, 3 Oktober 2017, perkenankan saya melaporkan lulusan Diploma Tiga tahun akademik 2016/2017 total berjumlah 83 orang dari Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin. Pada wisuda tahun ini, lulusan yang mencapai prestasi cum laude berjumlah 14 orang, sekitar 17% dari total lulusan dan mengalami kenaikan 7% dibandingkan tahun 2016. Indeks Prestasi Tertinggi 3,76, mengalami kenaikan 0,06 dibandingkan tahun 2016. Tingkat kelulusan tepat waktu sekitar 86%, sedangkan mahasiswa Drop Out berjumlah 9 orang, terdiri dari 3 orang akibat gagal akademik dan 6 orang akibat gagal disiplin. Dengan ditambah wisuda pada hari ini, maka total lulusan ATS sekarang berjumlah 1048 orang. Data pada pengelola alumni menunjukkan bahwa jumlah alumni ATS hingga 2016 yang dipastikan telah bekerja 90.5% dan 9.5% tidak diketahui / tidak bekerja.

Bapak dan Ibu, para Hadirin  yang Kami Hormati,

Selain di bidang pembelajaran, dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, ATS juga melaksanakan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dikelola melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-ATS). Untuk tahun akademik 2016/2017, bidang penelitian ATS menghasilkan 13 judul penelitian, terdiri dari:

  • Satu judul telah dipresentasikan dan dipublikasi pada Konfrensi Federasi Insiyur se-Asia Tenggara di Philipina oleh Sdr. Ir. Eri Yulius Elvys, ST. M.Eng. IPM., dengan judul: Production Capability Enhancement of Conventional Machine by Retrofit to CNC System Method.
  • Satu judul telah dipublikasi pada International Conference on Natural and Social Sciences tahun 2017 oleh Saudara Ahyar, ST. MT., dengan judul Design of Electrical Propulsion System for Katinting Boat.
  • 8 judul telah dipublikasi pada jurnal nasional ber-ISSN dan publikasi lokal.
  • 3 judul merupakan Penelitian yang lulus seleksi dan mendapatkan Hibah DIKTI tahun 2017 yang masing-masing diketuai oleh Saudara Abdul Tahir, Saudara Harman, dan Saudara Eri Yulius.

Tantangan ke depan di bidang penelitian bagi ATS adalah peningkatan proses hilirisasi hasil-hasil penelitian dosen maupun hasil Tugas Akhir mahasiswa; yang diharapkan dapat terus dikembangkan untuk bisa memberikan solusi bagi masyarakat umum dalam bidang teknologi tepat guna; dan inovasi pada peningkatan efisiensi dan efektivitas proses-proses  di industri. Untuk penguatan hilirisasi hasil penelitian ATS, maka LPPM-ATS akan terus meningkatkan kolaborasinya dengan divisi produksi, yang selama ini, memang telah banyak menghasilkan produk-produk untuk kebutuhan industri di PT Vale Indonesia.

Untuk bidang pengabdian kepada masyarakat, ATS terus bekerjasama dengan Dinas Transmigrasi, Tenaga kerja, dan Perindustrian Kabupaten Luwu Timur untuk melatih pemuda-pemudi dari 11 kecamatan se-Lutim yang pada tahun 2017 sebanyak 66 orang, sehingga total alumni pelatihan jangka pendek ini sejak 2008 adalah 537 orang; melalui UKM mahasiswa, ATS telah mengikuti kegiatan-kegiatan sosial seperti donor darah, perbaikan fasilitas sekolah dan fasilitas umum, dan kegiatan sosial lainnya.

Bapak dan Ibu, para Hadirin  yang Kami Hormati,

Salah satu parameter mutu perguruan tinggi terletak pada peringkat Akreditasi yang diperolehnya dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (atau BAN-PT), baik akreditasi program studi maupun akreditasi institusinya. Pada wisuda tahun 2016 yang lalu, kami telah menyampaikan bahwa Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin ATS telah terakreditasi dengan nilai B. Untuk akreditasi institusi ATS, dalam hal ini adalah Perguruan Tinggi-nya, Tim Sistem Penjaminan Mutu ATS (SPM-ATS), telah melakukan persiapan akreditasi sejak 2016 yang lalu dan menjalani penilaian dan visitasi oleh tim asesor dari  BAN-PT pertengahan 2017. Hasilnya, BAN-PT menetapkan Perguruan Tinggi ATS terakreditasi dengan peringkat B. Hasil akreditasi ini cukup memuaskan dan akan menjadi energi baru bagi ATS untuk berupaya terus meningkatkan mutu lulusan agar mampu berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi pada industri nasional maupun internasional. Dan pada proses re-akreditasi pada 5 tahun, kami yakin bahwa ATS tetap memiliki peluang untuk meningkatkan peringkatnya.

Bapak dan Ibu, para Hadirin  yang Kami Hormati,

Pada Rencana Induk Pengembangan ATS 2017-2026, terdapat dua tantangan utama dan sekaligus sebagai program prioritas ATS ke depannya, yaitu:.

  • Yang Pertama: Memperkuat pemasaran lulusan ATS dalam rangka meningkatkan keterserapan lulusan di industri. Selain memperkuat pendidikan konseptual dan keahlian sesuai jurusannya, ke depannya, mahasiswa ATS akan melakukan Magang industri yang lebih panjang dibandingkan saat ini. Hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki waktu lebih panjang untuk mengasah keterampilan pada praktik-praktik industri yang sesuangguhnya dan sekaligus sebagai proses marketing / promosi diri ke industri; dan bagi industri, adalah kesempatan untuk menemukan calon-calon pekerja yang berkualitas. Hubungan mutualis antara keduanya diharapkan bisa berakhir dengan kontrak kerja yang lebih awal.
  • Yang kedua: Mendapatkan sumber pembiayaan baru selain biaya donasi dari PTVI. Saat ini, biaya kuliah satu mahasiswa dari tahun pertama hingga lulus, tidak kurang dari Rp150 juta (Rp50 juta per tahun/mahasiswa). Kami akui bahwa biaya ini sangatlah mahal, tetapi inilah pendidikan vokasi. Pada saat ini, lebih dari 90% biaya ATS masih diperoleh dari donasi PT Vale Indonesia. Pada sisi yang lain, tantangan besar yang dihadapi PT Vale Indonesia, Tbk dalam menghadapi pasar logam dunia adalah sungguh berat, terutama dalam 3 tahun terakhir ini. Sehingga dampaknya, bukan hanya pada internal Vale sendiri, namun juga berdampak pada kondisi pembiayaan ATS. ATS saat ini telah melakukan upaya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dengan membentuk divisi produksi yang bergerak di bidang mekanikal, fabrikasi, produk-produk perkayuan, dan pelatihan. Prospek divisi produksi ATS ini untuk menjadi salah satu alternatif sumber pembiayaan bagi ATS selain pembiayaan dari Vale adalah sangat besar. Oleh sebab itu, dukungan dari berbagai pihak, terutama PT Vale Indonesia dan bahkan pemerintah daerah Luwu Timur sangat dibutuhkan.

Para Wisudawan-wisudawati beserta keluarga yang berbahagia.

Pada hari ini, upaya keras saudara selama tiga tahun telah sukses memperoleh gelar Ahli Madya Teknik yang merupakan akhir dari program pendidikan Anda di Akademi Teknik Soroako. Untuk itu, kami menyampaikan selamat kepada Saudara serta keluarga, kami bangga dan puas dengan kelulusan Saudara. Kami mengharapkan Saudara menggunakan pengetahuan dan keahlian Saudara dengan karya nyata di industri maupun karya nyata dalam menciptakan lapangan pekerjaan secara bertanggung jawab dan mengedepankan kualitas, kejujuran, dan disiplin.

Saudara-saudara lulusan ATS. Pandangan masyarakat maupun industri tentang ATS terbawa pada diri Anda sekalian. Kiprah positif Anda di industry dan di masyarakat akan meningkatkan nama baik dan penilaian masyarakat terhadap almamater kita. Karena itu, mari kita selalu menjaga nama baik Akademi Teknik Soroako, nama baik YPS, nama baik PT Vale Indonesia, dan nama baik Luwu Timur, dan nama baik Kopertis IX.

Bapak dan Ibu, para hadirin, serta wisudawan yang Kami Hormati,

melalui mimbar ini, saya mewakili civitas akademik ATS menyampaikan terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

  • Yang pertama: PT Vale Indonesia, Tbk. atas komitmen dan konsistensinya menyelenggarakan ATS sejak 26 tahun yll., yang telah melahirkan lebih dari 1000 alumni. Ini adalah sumbangsih yang benar-benar nyata bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Luwu Timur.
  • Yang kedua: Kepada Ibu Koordinator Kopertis IX, yang telah memberikan pendampingan dan banyak arahan kepada ATS selama ini.
  • Yang ketiga, kepada pemerintah Kabupaten Luwu Tumur, khusunya Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, dan Perindustrian atas kerja sama kita dalam mengembangkan SDM Luwu Timur.
  • Yang keempat, kepada Ketua dan para anggota Dewan Pembina, Pengawas, dan Pengurus YPS.
  • Yang kelima, kepada seluruh pelanggan dan kolega ATS, para undangan, dosen dan seluruh pegawai ATS, serta seluruh panitia wisuda tahun 2017.
  • Yang terakhir, kepada para orang tua wisudawan dan wisudawati, yang telah mempercayakan kepada kami untuk mendidik putra-putri bapak dan ibu di kampus ATS hingga mereka meraih gelar Ahli Madya Teknik pada hari ini.
  • Para lulusan baru ATS, dengan bekal pengetahuan, tempaan karakter Disiplin, Terampil, dan Tangguh yang kami berikan, maka kami percaya, bahwa Anda akan sukses, insyaa Allah.

 

Akhir kata, atas perhatian Bapak dan Ibu serta Para Hadirin yang berbahagia, kami mengucapkan terima kasih, semoga Allah swt selalu memberkati dan meridhai kita semua.

Demikian laporan sekaligus sambutan kami, Wabillaahi Taufik Walhidayah.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Direktur ATS,

Jasman,

Sorowako, 3 Oktober 2017


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *